Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Tubuh – Apakah Anda penyuka makanan pedas? Pernahkah Anda bertanya, sebenarnya cabai memiliki manfaat atau tidak? Ternyata dibalik ukuran yang kecil dan rasa pedasnya yang membuat ketagihan sekaligus meringis, cabai memiliki banyak manfaat, lho! Mari simak ulasan lengkap di bawah ini untuk tahu apa saja kandungan gizi serta khasiat dari cabai. Namun, jangan sampai mengonsumsi cabai berlebihan, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Makanan pedas ini juga sebaiknya diberikan secara bertahap pada anak-anak.

Ada beragam nutrisi di dalam cabai yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, air dan capsaicin. Saking populernya, banyak orang menggunakan istilah “kecil-kecil cabe rawit” untuk menggambarkan kehebatan seseorang. Cabai dikenal karena rasanya yang relatif lebih pedas. ketimbang cabai merah biasa.

Kandungan Dalam Cabai

Kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk memperkuat imun tubuh.
Vitamin B6 yang terdapat pada cabe memiliki peran experience reign penting dalam metabolisme tubuh.
Vitamin K6 Berguna pada pembekuan darah dan kesehatan pada tulang dan ginjal.
Potassium juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
Copper merupakan sebuah elemen sisa antioksidan yang memiliki fungsi nya untuk kesehatan neuron dan tulang yang kuat.

Baik untuk sistem pencernaan

Komponen dalam cabe rawit dapat membantu melindungi pencernaan dari infeksi, memaksimalkan jumlah produksi cairan pencernaan, serta membantu mendistribusikan enzim ke perut. Hal ini dilakukan dengan memberikan sebuah stimulasi kepada saraf di perut sehingga melindungi dari cedera.
Banyak anggapan bahwa memakan makanan pedas yang mengandung cabe rawit dapat mengakibatkan tukak lambung. Namun ada sebuah penelitian yang menyebutkan sebaliknya.

Meringankan rasa sakit

Pelepasan hormon endorfin di dalam tubuh yang dirangsang oleh cabai dapat berperan sebagai pereda rasa sakit alami. Zat capsaicin tersebut kemudian bekerja sama dengan reseptor rasa sakit. Selanjutnya, muncul sensasi panas dari cabai yang membantu ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit.

Mengatasi hidung tersumbat

Konsumsi makanan yang mengandung cabai dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Tapi, jangan mengonsumsinya secara berlebihan jika tidak ingin sakit perut dan mengalami diare.

Kesehatan kardiovaskular

Cabe rawit mampu mengurangi kolestrol dalam darah dan level trigliserida. Penelitian yang dikutip oleh WHFood (The World’s Healthiest Foods) menunjukkan bahwa 27 partisipan yang terdiri dari 14 perempuan dan 13 laki-laki), memakan potongan cabe selama 4 minggu, dibagi menjadi dua grup, grup yang satu diet dengan mengkonsumsi cabe, yang satu lagi tidak melibatkan cabe.