Rekomendasi Tanaman Herbal Untuk Mengobati Penyakit Lambung

Untuk kamu yang mempunyai keluhan sakit lambung pasti sering kali merasa tidak nyaman saat kadar asam lambung naik. Maklum saja, penderita akan mengalami sejumlah gejala seperti, mulut terasa asam, kembung, mual, dada seperti terbakar, dan rasa nyeri di ulu hati. Ini dia beberapa Rekomendasi Tanaman Herbal Untuk Penyakit Lambung.

Walaupun bisa menyerang siapa saja, kamu bisa meminimalisasi risiko naiknya asam lambung dengan cara menjalankan pola hidup sehat. Namun, untuk kamu yang sudah menderita asam lambung bisa mengonsumsi obat untuk meredakannya. Asal tahu saja, obat asam lambung cukup banyak dijual di apotek dan toko ritel modern. Jika tidak ada waktu dan juga berada dari jarak yang jauh dengan apotik, kamu dapat memanfaatkan beberapa tanaman herbal berikut untuk mengobati penyakit lambung kamu.

rekomendasi tanaman herbal

Rekomendasi Tanaman Herbal

Temulawak

Temulawak banyak digunakan sebagai salah satu suplemen agar anak mempunyai nafsu makan yang banyak. Namun, siapa yang menyangka kalau temulawak juga mengandung kurkumin, minyak asiri, pati, selulosa, dan mineral yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat temulawak sebagai tanaman herbal adalah sebagai obat maag. Temulawak mengandung selulosa yang membantu proses pencernaan. Tidak hanya itu, temulawak juga mengandung flavanoid dan kurkumin yang berperan menangkap radikal bebas serta melindungi mukosa (dinding) lambung.

Rekomendasi Tanaman Herbal, Kunyit

Selanjutnya adalah Kunyit. Tanaman yang sering kita masak ini ternyata masuk ke dalam salah satu obat alami tradisional yang digunakan untuk membantu meringankan gangguan lambung, seperti gejala sakit maag. Di kutip dari sumber terpercaya Kandungan polifenol di dalamnya ternyata memiliki sifat anti-peradangan yang membantu meredakan asam lambung dan bisa mencegah penyakit GERD.

Madu

Sudah kita ketahui bahwa Madu memilki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ternyata madu juga mempunyai efek melindungi lambung dengan menghambat pertumbuhan bakteri di lambung, serta menyembuhkan ulser peptik. Madu terbukti memiliki khasiat sebagai antiinflamasi, antibakteri, dan menyembuhkan luka.

Rekomendasi Tanaman Herbal, Daun Mint

Selanjutnya, ada Daun mint sering sekali digunakan sebagai campuran pada minuman seperti infused water ataupun garnish pada makanan. Siapa yang menyangka kalau ternyata daun mint juga berkhasiat untuk meredakan gangguan pencernaan.

Kandungan mentol dalam daun mint bisa memberikan efek relaksasi pada otot saluran pencernaan sehingga membantu meredakan gangguan pencernaan, termasuk maag. Selain itu, menghirup aroma dan meminum minuman yang mengandung daun mint juga dapat membuat kita lebih relaks loh.