Bulgaria Mau Investasi di IKN Rp 740 M, Bikin Apa Saja?

Bulgaria Mau Investasi di IKN Rp 740 M, Bikin Apa Saja?

Investasi asal Eropa ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur bakal bertambah. Bulgaria punya minat untuk melakukan investasi di IKN senilai US$ 50 juta atau sekitar Rp 740 miliar (kurs Rp 14.800).
Investasi itu akan dialokasi untuk pengembangan pada sektor energi terbarukan dan rantai pasok industri makanan dan minuman di IKN Nusantara. Minat investasi itu diungkapkan langsung oleh Dimitrios Vitzilious, founder Bella, perusahaan makanan asal Bulgaria.

Minat investasi itu diungkapkan dalam pertemuan Kementerian Investasi Indonesia dengan investor Bulgaria yang difasilitasi oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Bulgaria merangkap Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogananta

Pertemuan tersebut adalah tindak lanjut share holder Bulgaria setelah mengunjungi IKN Nusantara pada April 2022 lalu dikutip dari laman https://binamargadki.net/

“Short term investment sangat menarik dalam membantu pengembangan Nusantara dan tidak menutup kemungkinan group kami dapat berinvestasi dalam jangka panjang,” kata Dimitrios dalam keterangan resmi Dubes Bulgaria, Senin (12/6/2023).

Indonesia pun sangat menyambut baik keinginan calon investor Bulgaria. Kementerian Investasi memberikan beberapa peluang potensi investasi beserta insentif seperti tax holiday yang bisa dijadikan tolak ukur dalam menarik minat para calon investor.

“Penetrasi bisnis yang kami lakukan sejak awal telah berkontribusi aktif dalam memajukan pertumbuhan ekonomi di tanah air, mulai dari ekspor tepung kelapa, bulu mata, tekstil sampai dengan outbound Investment pengembangan pabrik makanan Indonesia di Bulgaria,” ungkap Iwan Bogananta.

Harga Tanah di IKN Lagi Dihitung, Luhut: 27 Juli Targetnya Selesai

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mulai menjalankan peran barunya sebagai Satgas Percepatan Investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Luhut mengaku sudah dua kali berkunjung ke IKN setelah diberi tugas baru oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Menurutnya, masalah utama investasi di IKN saat ini adalah soal skema pembelian tanah. Saat ini juga harga tanah di IKN sedang dihitung-hitung dan disiapkan mekanisme pembeliannya.

Luhut bilang perhitungan harga tanah di IKN bakal kelar bulan depan. Dia menargetkan urusan jual beli tanah di IKN akan selesai persiapannya 27 Juli 2023.

“Paling penting pertama itu bahwa ini sekarang, ini yang harus diselesaikan sekarang. Saya kejar, 27 Juli targetnya selesai, harganya berapa, siapa yang mau beli dan mau masuk itu yang akan kita lakukan,” ungkap Luhut dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR, Jumat (9/6/2023).

“Semua kuncinya di tanah dan harga tanah, oleh karena itu valuasi tanah kita minta appraisal menghitung,” tegasnya.

Harga Tanah IKN Berubah 6 Bulan Sekali
Luhut menyatakan harga tanah di IKN juga akan mengalami perubahan tiap 6 bulan sekali. Dia menyatakan hal ini terjadi seiring dengan pengembangan infrastruktur dasar yang akan dibangun pemerintah di IKN.

“Setiap 6 bulan harga tanah itu akan berubah karena infrastruktur makin berkembang mereka harus sesuai dengan itu,” ungkap Luhut.

Dia pun menegaskan sejauh ini minat investor tidak kurang untuk berinvestasi di IKN. Buktinya, saat dia berkunjung ke Shenzen, China, para investor di sana diklaim sudah banyak yang berminat untuk menyuntikkan dana ke IKN.

“Minat investor sangat tidak kurang, saya ke Shenzen mereka minta agar segera masuk, saya katakan Anda bisa lihat di sini,” kata Luhut.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *